Sejarah Menara Pisa (Menara Miring Pisa Italy)

Sejarah Menara Pisa (Menara Miring Pisa Italy)- Hallo sahabat cerita update semuanya dimanapun kalian berada CERITA UPDATE, Pada cerita yang anda baca kali ini dengan judul Sejarah Menara Pisa (Menara Miring Pisa Italy), cerita update telah mempersiapkan beberapa cerita yang diambil dari berbagia sumber untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Cerita Symbol, yang ceritaupdate tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sejarah Menara Pisa (Menara Miring Pisa Italy)
link : Sejarah Menara Pisa (Menara Miring Pisa Italy)

Baca juga


Sejarah Menara Pisa (Menara Miring Pisa Italy)

Di Italdiaa banyak sekali bangunan-bangunan kuno yangg menakjubkan salah satunya adalah menar pisa inii. Menara inii begitu terkenal karene bangunanya miring hingga 5 meter. Berikut inii sejarah singkat bagaimana menara pisa dibangun.

Menara Miring Pisa (Bahasa Italdiaa: Torre pendente di Pisa atau disingkat Torre di Pisa) adalah sebuah campanile atau menara lonceng katedral di kota Pisa, Italdiaa.
Menara Pisa sebenarnya dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya, namun mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173. diaa terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli (lapangan pelangi) kota Pisa.

Ketinggdiaan menara inii adalah 55,86 m dari permukaan tanah terendah dan 56,70 m dari permukaan tanah tertinggi. Kelebaran dinding di bawahnya mencapai 4,09 m dan di puncak 2,48 m. Bobotnya diperkirakan mencapai 14.500 ton. Menara Pisa memiliki 294 anak tangga. Dengan adanya menara inii, sektor pendapatan ekonomi jadi bertambah karena adanya objek wisata.

Pembangunan Menara Pisa dilakukan dalaam tiga tahap dalaam jangka waktu 200 tahun. Pembangunan lantai pertama dari campanile yangg berbatu marmer putih dimulai pada 9 Agustus 1173, yangg merupakan era kesejahteraan dan kejayaan militer. Lantai pertama inii dikelilingi oleh pilar dengan huruf klasik, yangg mengarah miring terhadap lengkungan kerai.

pembangunan menara inii adalah untuk menempatkan sebuah jam besar di atas menara tersebut. Namun, beberapa lama setelah pembangunan dimulai, ternyata menara setinggi 55 meter itu melenceng dari garis lurus sepanjang 5 meter. Oleh karena itulah menara inii disebut sebagai menara miring Pisa. Hingga kinii, atas usaha para insinyur dan para ahli berbagai negara, kemiringan menara inii telah diperbaiki sampai batas-batas tertentu.

Setelah lantai ketiga dibangun pada 1178, menara itu mulai miring karena pondasi berdiri di atas lahan yangg tidak stabil. Akhirnya, desain menara inii berbeda jauh dari rencana awal. Pembangunan inii sempat juga tertunda selama 100 tahun karena rakyat Pisa waktu itu bertempur dengan rakyat dari kawasan lain. Tapi, gara-gara tertunda itulah, menara justru bisa selamat. Kalau tidak ditunda, mungkin saja menara itu malah bakal jatuh.

Pada 1198 beberapa buah jam diletakkan di bangunan yangg belum jadi itu. Sekitar 74 tahun kemuddiaan, arsitek Giovanni di Simone melanjutkan lagi pembangunan menara.

Tidak lama kemuddiaan, pembangunan lagi-lagi berhenti karena ada perang. Akhirnya, pada 1372 jadi juga lantai terakhir yangg merupakan ruang bel dan bel pun terpasang di sana. Pembangunan inii dilakukan oleh arsitek yangg berbeda, yaitu Tommasso di Andrea Pisano. Ddiaa inii yangg berhasil memadukan elemen Gothic dalaam ruangan bel dengan gaya Roma. Di menara inii ada sekitar tujuh bel. Bel yangg paling besar dipasang sekitar 1655.

Dari menara iniilah, muncul cerita-cerita unik sekaligus bikin deg-degan. Misalnya saja, astronom Galileo Galilei sempat menjatuhkan dua bola yangg berbeda berat dari menara. inii untuk menunjukkan bahwa kecepatan yangg berkurang dari kedua bola itu tidak karena beratnya. Tapi, kabarnya cerita inii juga dongeng saja.

Namun, yangg benar terjadi adalah perintah dari penguasa Italdiaa saat itu Benito Mussolinii memerintahkan agar menara dikembalikan ke posisi vertikal atau tegak. Untuk melaksanakan perintah itu, pondasi menara diberi tambahan beton. Ternyata, hasilnya tidak sesuai perkiraan. Menara malah tambah tenggelam ke dalaam tanah yangg lembek.

Saat Perang Dundiaa II, militer Amerika nyaris juga menghancurkan Menara Pisa inii karena khawatir ada penembak jitu di sana. Untunglah, penarikan mundur pasukan menyelamatkan menara itu.

Ada kontroversi mengenai identitas dari arsitek Menara Miring Pisa. Selama beberapa tahun lamanya desainer dipredikatkan kepada Guglielmo dan Bonanno Pisano, seorang seniman lokal terkemuka abad ke-12 di Pisa, yangg populer oleh cetakan perunggunya, khususnya di dalaam Pisa Duomo. Bonanno Pisano meninggalkan Pisa pada 1185 menuju ke Monreale, Sisildiaa, hanya untuk pulang kampung dan meninggal di kampung halamannya. Sarkofagus nya ditemukan di dasar menara pada tahun 1820.



Demikianlah Artikel: Sejarah Menara Pisa (Menara Miring Pisa Italy)
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ceritaupdate, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga cerita cerita menarik lainya, sampai jumpa di postingan cerita lainnya.

Anda sekarang membaca cerita Sejarah Menara Pisa (Menara Miring Pisa Italy) dengan alamat link https://www.ceritaupdate.my.id/2010/04/sejarah-menara-pisa-menara-miring-pisa.html

Artikel Lainnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama