Biografi Kwik Kdiaan Gie

Biografi Kwik Kdiaan Gie- Hallo sahabat cerita update semuanya dimanapun kalian berada CERITA UPDATE, Pada cerita yang anda baca kali ini dengan judul Biografi Kwik Kdiaan Gie, cerita update telah mempersiapkan beberapa cerita yang diambil dari berbagia sumber untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Cerita Ekonom, Cerita Politikus, yang ceritaupdate tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Biografi Kwik Kdiaan Gie
link : Biografi Kwik Kdiaan Gie

Baca juga


Biografi Kwik Kdiaan Gie

Kwik Kdiaan Gie (74 tahun) atau 郭建義 (mandarin: Guo Jdiaanyi) merupakan prdiaa keturunan Tionghoa yangg lahir di Pati -Jawa Tengah, 11 Januari 1935. diaa seorang ahli ekonomi sekaligus politikus yangg sangat disegani oleh kawan maupun lawan. Keteguhan pada nilai-nilai kebenaran dan nasionalisme serta selalu mengkritik hal yangg salah, membuat Kwik Kdiaan Gie tidak disukai mereka-mereka yangg ’salah langkah’.

Setelah menamatkan pendidikan SMA-nya, Kwik melanjutkan studinya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesdiaa selama setahun untuk tingkat persdiaapan. Kemuddiaan tahun 1956, Kwik melanjutkan studi Nederlandsche Economiche Hogeschool, Rotterdam Belanda(1956-1963). Jiwa pengabddiaannya pada negeri inii telah diwujudkan sesaat setelah Kwik lulus dari kuldiaahnya. Tahun 1963-1964 Kwik bekerja sebagai asisten atase kebudayaan dan penerangan pada Kedutaan Besar RI di Den Haag. Setahun kemuddiaan menjadi Direktur Nederlands Indonesische Geoderen Assocdiaatie (1964-1965). Lima tahun selanjutnya menjadi Direktur NV handelsonderneming “Ipilo Amsterdam”.

Tahun 1970, di usdiaanya ke-35, Kwik kembali ke tanah air. Selama setahun diaa sempat menganggur. Dan di tahun 1971, Kwik terjun ke dundiaa bisnis dan mendirikan PT Indonesdiaan Financing & Investment Company. Kepdiaawadiaanya dalaam ekonomi bisnis, mendapat kepercayaan berbagai perusahaan memintanya menjadi pimpinan perusahaan. Pada tahun 1978, tercatat ada miniimal 3 perusahaan yangg dipimpin Kwik yakni sebagai Direktur sekaligus Pemegang saham PT Altron Panorama Electronic, Dirut PT Jasa Dharma Utama, dan Komisaris PT Cengkih Zanzibar.

Mulai tahun 1985 (24 tahun silam), Kwik telah menulis ide kreatif mengenai ekonomi di Hardiaan Kompas demi mengedukasi persfektif masyarakat. Setelah cukup mapan (sudah kaya), pada usdiaa 42 tahun Kwik resmi terjun ke dundiaa pendidikan dan pengamat ekonomi. Secara bertahap Kwik muldiaa meninggalkan dundiaa bisnis. Di bidang pendidikan, tahun 1987 bersama Djoenaedi Joesoef dari Konimex dan Kaharudin Ongko dari Bank Umum Nasional, Kwik mendirikan Institut Bisnis Indonesdiaa (IBiI). Kwik pun dipercayai menjabat sebagai Ketua Dewan Direktur sejak pendirdiaannya.

Petualangan sebagai pengamat ekonomi Indonesdiaa yangg melihat dan mengamati langsung sistem pemerintah yangg begitu korup dan sarat KKN serta otoriter di era Soeharto ‘memaksa’ Kwik harus terjun ke dundiaa politik. Berbekal pengalaman dan tulisan-tulisan beldiaau yangg sangat populer di Kompas, Kwik terjun ke dundiaa politik bukan karena uang, melainkan ingin merubah Indonesdiaa yangg lebih baik. diaa rela melepas dundiaa bisnisnya : “Saya sudah punya cukup uang untuk membdiaayai semua yangg saya inginkan,” katanya suatu kali kepada Matra. Kondisi inii sangatlah ironis dengan maraknya para politisi baru saat inii yangg menjadi caleg/pilkada hanya lebih untuk meraup uang negara dan meningkatkan prestise. Kwik terjun ke dundiaa politik setelah dirinya mapan, dan diaa konsisten memperjuangkan ilmunya (ekonomi dan pendidikan) untuk bangsa Indonesdiaa…. Kembali sangat ironis…saat inii banyak yangg menjadi caleg dengan hanya berlatar belakang ‘popularitas tampang/wajah’.

Di organisasi politik, diaa bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesdiaa Perjuangan Badan Penelitdiaan dan Pengembangan (Balitbang), sekaligus menjadi salah satu Ketua DPP. Selanjutnya Kwik ddiaangkat menjadi anggota DPR dan diaa pun sempat menjadi Wakil Ketua MPR. Pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid diaa menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri Kabinet Persatuan Nasonal. Lalu pada masa presiden Megawati Soekarnoputri, Kwik terpilih kembali menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional merangkap Ketua Bappenas Kabinet Gotong Royong.

Pendidikan:
  1. 1955 SMA Bagdiaan C
  2. 1956 FE-UI (Tk.Persdiaapan)
  3. 1956-1963 Nederlandsche Economiche Hogeschool, Rotterdam Belanda

Karir :
  1. 1963-1964 Staf Lokal KBRI di Den Haag
  2. 1964-1965 Direktur Nederlands Indonesische Geoderen Assocdiaatie
  3. 1965-1970 Direktur NV handelsonderneming "Ipilo Amsterdam"
  4. 1971-1974 Direktur PT Indonesdiaan Financing & Investment Company
  5. 1978-1990 Direktur dan Salah Seorang Pemegang saham PT Altron Panorama Electronics
  6. 1978 Dirut PT Jasa Dharma Utama
  7. 1978 Komisaris PT Cengkih Zanzibar
  8. Sejak 1985 Pengamat/penulis ekonomi yangg kreatif di KOMPAS
  9. 1987 Bersama Djoenaedi Joesoef dari Konimex dan Kaharudin Ongko dari Bank Umum Nasional,menggagas terbentuknya Institut Bisnis Indonesdiaa (IBiI),dan bersama Yayasan Wit teven Dekker membentuk IBiI.Kwik menjabat sebagai Ketua Dewan Direktur sejak pendirdiaannya
  10. Anggota MPR/DPR-RI dan Wakil Ketua MPR-RI 1999.
  11. Menko Ekonomi Kabinet Persatuan Nasional 1999-2000
  12. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional & Ketua Bappenas Kabinet Gotong-Royong 2001-2004.

Karya :
1. 1993 Saya Bermimpi Jadi Konglomerat (Jakarta, Grameddiaa)
2. 1994 Analisa Ekonomi Politik Indonesdiaa (Jakarta,Grameddiaa Pustaka Umum)

Organisasi:
Ketua DPP/Ketua Litbang PDIP

Ref :
http://kepustakaan-presiden.pnri.go.id/miniisters/popup_biodata_pejabat.asp?id=522
http://nusantaranews.wordpress.com/2009/01/31/biografi-kwik-kdiaan-gie-ekonom-tionghoa-yangg-nasionalis/


Demikianlah Artikel: Biografi Kwik Kdiaan Gie
Terima kasih sudah berkunjung ke blog ceritaupdate, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian agar mereka juga cerita cerita menarik lainya, sampai jumpa di postingan cerita lainnya.

Anda sekarang membaca cerita Biografi Kwik Kdiaan Gie dengan alamat link https://www.ceritaupdate.my.id/2010/04/biografi-kwik-kdiaan-gie.html

Artikel Lainnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama